PROGRAM SEMESTER 1 DAN 2 MADIN
1. Mata Pelajaran : Akidah Ahlak
2. Kelas : IV (Empat)
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | INDIKATOR | ALOKASI WAKTU | TANGGAL PELAKSANAAN |
1. Memahami dan mengimani Al Quran sebagai wahyu Alloh | Al-Qur’an wahyu Alloh | 1. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah 2. Menjelaskan sejarah singkat turunnya Al-Qur’an 3. Menyebutkan isi kandungan Al-Qur’an 4. Menyebutkan fungsi turunkannya Al-Qur’an 5. Menyebutkan keistimewaan Al-Qur’an 6. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap mengimani Al-Qur’an | ||
2. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Aliim dengan alas an dan bukti-bukti sederhana. | Alloh Maha ‘aliim | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Alim 2. Menjelaskan alas an(logika) sederhana bahwa Alloh Maha ‘Aliim 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha ‘Aliim 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha ‘Aliim 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha ‘Aliim | ||
3. Memahami dan meyakini bahwa Alloh maha Hidup dengan alas an dan bukti-bukti sederhana | Alloh Maha Hidup | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Hidup 2. Menjelaskan alas an(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Hidup 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha Hidup 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Hidup 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Hidup | ||
4. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Pelindung dengan alas an dan bukti-bukti sederhana | Alloh Maha Pelindung | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Pelindung 2. Menjelaskan alas an(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Pelindung 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha Pelindung 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Pelindung 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Pelindung | ||
5. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Mulia dengan alas an dan bukti-bukti sederhana | Alloh Maha Mulia | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Mulia 2. Menjelaskan alasan(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Mulia 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha Mulia 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Mulia 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Mulia | ||
6. Meneladani kehidupan Nabiyulloh Ibrahim AS | Kisah Rosul I | 1. Menceritakan kembali kisah Nabi Ibrahim AS 2. Menyebutkan sifat-sifat Nabi Ibrahim AS 3. Menyebutkan keistimewaan-keistimewaan Nabi Ibrahim AS 4. Menyebeutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Ibrahim AS | ||
7. Membiasakan diri bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran. | Akhlaq Terpuji - 1 | 1. Menjelaskan pengertian tanggung jawab. 2. Menjelaskan pengertian berani menegakkan kebenaran 3. Menyebutkan dalil naqli tentang tanggung jawab dan dalil naqli tentang keberanian itu harus disampaikan 9tidak boleh disembunyikan) 4. Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap bertanggung jawab dan berani menegakkan kebenaran | ||
8. Memahami keteguhan hati keluarga Siti Masyitoh | Kisah berhikmah - 1 | 1. Menceritakan kembali kisah Siti Masyitoh 2. Menyebutkan sifat-sifat Siti Masyitoh 3. Menyebeutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah keluarga Siti Masyitoh 4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani keteguhan hati keluarga Siti Masyitoh | ||
9. Terbiasa menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela | Akhlaq Tercela - 1 | 1. Menjelaskan pengertian Tajassus dan Fitnah. 2. Menyebutkan dalil Naqli tentang Tajassus dan Fitnah 3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi Tajassus dan fitnah | ||
10. Meneladani kehidupan Nabi Musa As | Kisah Rosul 2 | 1. Menceritakan kembali kisah Nabi Musa As 2. Menyebutkan sifat-sifat Nabi Musa As 3. Menyebeutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Musa As 4. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Musa As | ||
11. Megetahui dan memahami adab berbakti kepada kedua orang tua. | Berbakti kepada kedua orang tua | 1. Menyebutkan jasa-jasa kedua orang tua kepada kita 2. Menyebutkan kewajiban anak kepada kedua orang tua. 3. Hafal do’a kedua orang tua beserta artinya 4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap berbakti kepada orang tua. | ||
12. Membiasakan diri dengan kalimah tayyibah | Kalimah Tayyibah | 1. Menjelaskan pengertian takjub. 2. Menyebutkan do’a-do’a yang diucapkan ketika takjub 3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap kalimah takjub | ||
13. Memahami dan meyakini qodho dan qodar serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. | Qodha dan Qodar | 1. Menjelaskan pengertian qodho dan qodar 2. Menyebutkan contoh-conyoh peristiwa yang berkaitan dengan qodho dan qodar 3. Menyebutkan dalil naqli tentang qodho dan qodar 4. Menyebutkan hikmah beriman kepada qodho dan qodar 5. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap iman kepada qodho dan qodar | ||
14. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Mendengar dengan alas an dan bukti-bukti sederhana serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari | Alloh Maha Mendengar | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Mendengar 2. Menjelaskan alasan(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Mendengar 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha Mendengar 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Mendengar 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Mendengar | ||
15. Meneladani kehidupan Nabi Isa As | Kisah Rosul - 3 | 1. Menceritakan kembali kisah Nabi Isa As 2. Menyebutkan sifat-sifat Nabi Isa As 3. Menyebeutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa As 4. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani kehidupan Nabi Isa As | ||
16. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Melihat dengan alas an dan bukti-bukti sederhana serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari | Alloh Maha Melihat | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Melihat 2. Menjelaskan alasan(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Melihat 3. Menyebutkan bukti-bukti sederhana bahwa Alloh Maha Melihat 4. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Melihat 5. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Melihat | ||
17. Meneladani kisah As-Habul Kahfi | Kisah Berhikmah - 2 | 1. Menceritakan kembali kisah As-Habul Kahfi 2. Menyebutkan pelajaran yang dapat diambil dari kisah As-Habul Kahfi 3. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap menauladani As-Habul Kahfi | ||
18. Memahami dan meyakini bahwa Alloh Maha Lembut serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari | Alloh Maha Lembut | 1. Menjelaskan pengertian Alloh Maha Lembut 2. Menjelaskan alasan(logika) sederhana bahwa Alloh Maha Lembut 3. Menyebutkan dalil Naqli tentang Alloh Maha Lembut 4. Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan bahwa Alloh Maha Lemah Lembut | ||
19. Membiasakan diri dengan akhlaq terpuji | Persatuan dan persaudaraan | 1. Menjelaskan pengertian mencintai persatuan dan persaudaraan 2. Menunjukkan dalil Naqli tentang persatuan dan persaudaraan 3. Menyebutkan perilaku yang mencerminkan sikap mencintai persatuan dan persaudaraan | ||
20. Mengetahui dan memahami adab bertamu | Adab Bertamu dan Menerima Tamu | 1. Menjelaskan pengertian bertamu dan menerima tamu 2. Menyebutkan tatacara (adab) bertamu dan menerima tamu 3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap seorang tamu beradab. | ||
21. Terbiasa menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela | Akhlak tercela - 2 | 1. Menjelaskan pengertian dendam 2. Menyebutkan sifat-sifat tercela yang mengiringi sifat dendam 3. Menyebutkan pengertian adu domba 4. Menunjukkan dalil Naqli tentang dendam dan adu domba 5. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjauhi dendam dan adu domba | ||
22. Mengetahui dan memahami (adab) menjenguk orang sakit | Adab Menjenguk Orang Sakit | 1. Menyebutkan hak seorang muslim terhadap muslim lainnya 2. Menyebutkan tatacara dan kebiasaan yang baik ketika menjenguk orang sakit 3. Hafal do’a ketika menjenguk orang sakit 4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap peduli terhadap orang sakit | ||
23. Membiasakan diri dengan kalimah tayyibah | Kalimah Tayyibah - 2 | 1. Menjelaskan pengertian takbir dan makna yang terkandung di dalamnya 2. Menjelaskan pengertian tasbih dan makna yang terkandung di dalamnya 3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap penghayatan terhadap makna takbir dan tasbih |
Alokasi waktu dan Pelaksanaan silahkan sesuaikan sendiri-sendiri, sesuai kondisi dan kalender pendidikan Madin/MDA.
Di upload oleh : Hadi Siswoyo,S.Pd.SD
MDA Al Anwar Sirau
No comments:
Post a Comment