Thursday 9 August 2012

Kuliah Subuh Di Baitul Sakinah Buyut Kamis, 09 Agustus 2012

Kuliah Subuh kamis ini, 9 Agustus 2012 kini giliran di Musholla Baitul Sakinah Buyut Karanggintung Desa Sirau Kecamatan Karangmoncol Purbalingga. Sebagai petugas :
  1. Pembicara                               : Hadi Siswoyo,S.Pd.SD
  2. Pembawa Acara                      : Wahim
  3. Pembaca Ayat Suci Al Qur'an  : Darniyah
  4. Sholawat nabi                          : Wahim
Tema kali ini Adalah Sodakoh / Sedekah
Diterangkan dasar sedekah, infaq dan Zakat sebagai berikut
KULTUM DI MUSHOLLA BAITUL SAKINAH BUYUT
(Kamis, 9 Agustus 2012)

SEDEKAH /SODAQOH
Salam,....
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ وَالصَّلاَةُ والسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِهِ الْكَرِيْمِ سَيِّدِنَا وَمَوْ لاَنَا مُحَمَّدٍ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ، وعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ بَذَلُوْا نُفُوْسَهُمْ وَاَمْوَالَهُمْ خَالِصً لِوَجْهِ الْكَرِيْمِ، اَمَّا بَعْدُ

Ta'awud,.... Basmalah,..... Ayat perintah sodaqoh 
Bismilah,... Membaca ayat 
10. dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya.

I. Kepada Imam Musholla baitul Hikmah yang saya hormati. Dewan Pengisi Kuliah subuh dan pertugas-petugasnya yg saya hormati pula serta hadirin jamaah kuliah subuh di Musholla ini yang saya banggakan.
Pertama-tama marilah,….
1.    Panjatkan sukur kepada Alloh,….
2.    Solawat salam,….
Pada kesempatan kali ini perkenankanlah saya berbicara di depan bukan berarti sedang menceramahi tapi mari kita belajar bersama atau kultum,….

Kultum kali ini masih saya membawa tema “SEDEKAH” karena yang kemarin belum selesai.

Seperti ayat yg saya bacakan diawal tadi
 
10. dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku Termasuk orang-orang yang saleh?"

Sedekah diartikan Suatu pemberian yang diberikan oleh seorang Muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu; suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap rida Allah SWT dan pahala semata.

Sedekah bersifat umum , Yang termasuk sedekah :
1.    Dengan uang/harta
2.    Membaca tasbih
3.    Membaca tahmid
4.    Membaca takbir
5.    Tahlil
6.    Hubungan suami istri
7.    Kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar

Kalau infaq : hampir sama dengan sedekah hanya terbatas dengan materi (uang)

Zakat : adalah nama bagi sejumlah harta tertentu yang telah mencapai syarat tertentu yang diwajibkan oleh Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu pula.

Tentang Sedekah juga diterangkan dalam hadist :
(lihat Buku Hitam hal 54-55) bahas satu persatu OK.

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa :
Alloh mengubah sifat harta dari 5 keburukan menjadi 5 kebaikan hanya dalam waktu yang sangat singkat. Yaitu saat harta lepas dari pemberi harta (jatuh di tangan Alloh SWT) dan sebelum diterima oleh penerima (yadi sail). Harta itu berkata :
1.    Aku dulu kecil lalu karena disedekahkan menjadi besar. Oleh Alloh SWT
2.    Aku dulu kecil menjadi besar karena,….
3.    Aku dulu musuhmu karena disedekahkan maka aku mencintaimu,…
4.    Aku dulu fana (binasa) sia-sia karena disedekahkan kini menjadi harta abadi/kekal.
5.    Engkau dulu yang menjagaku,.. kini karena dizakatkan menjadi aku yang menjagamu.

Selain hal di atas tadi marilah kita lihat manfaat sedekah :
Manfaat sedekah ada 7 :
1.    Sedekah dapat menolak 70 bahaya.
2.    Sedekah dapat sebagai obat penyakit.
3.    Sedekah dapat sebagai penjaga hati.
4.    Sedekah dapat dapat memadamkan/melunakan murka Alloh.
5.    Sedekah dapat perekat kasihs saying sesame saudara.
6.    Sedekah dapat melunakan hati dalam kekerasan.
7.    Sedekah dapat menambah umur.

Marilah bpk-ibu setelah mengerti hal ini maka silahkan berlomba-lomba untuk beramal, Berinfak dan sersodakoh.
Alloh SWT berfirman dlm surat Al Baqoroh ayat 29 yg berbunyi :
  
29. Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.

Nah jadi semua akan diminta dan kembali kepada Alloh semata.


Demikianlah yang saya sampaikan, bila ada kata-kata yang salah mohon ma’af, karena memang karena keterbatasan saya sendiri.

Dan
Wallhulmuwafiq illa aqwamiththoriq
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

By Hadi S, 09.08.12


No comments:

Post a Comment