Wednesday 8 August 2012

Kultum Rabu Pagi 8 Agustus 2012 di Musholla Al Huda H Warsudi Buyut

Rabu, 8 Agustus 2012 Saatny kuliah subu/ kultum di  Musholla Al Huda H Warsudi Buyut sebagai petugas :
  1. Pembawa Acara                     : Ust. Wanto
  2. Pembaca Ayat Suci Al Qur'an : Danimah
  3. Pembaca Solawat Nabi           : Danimah
  4. Pembicara Inti                         : Kyai Sohidin
Tema yang dibawakan adalah tentang Rukun Menjalani Sholat Jum'at. Ki Sohidin menyampaikan rukun sholat jum'at ada 4, yaitu :
  1. Niat, Semua kegiatan atau amalan diawali niat Karenanya semua amal juga ditentukan niatnya yang didasari dengan ilmu. seperti hadist sebagai berikut Inna a'malu bin Niat.
  2. Suci , Suci dari hadas kecil dan hadast besar. Beliau juga mengajarkan cara niat mandi sholat jum'at dan dan mandi besar. Air yang dipakai juga air yang mensucikan. Dikatakannya pula tidak boleh di kobok (celupkan tangan pada ember) atau lainnya. Pakailah gayung/ siwur meski sekalipun dilaut. Air yang dihangatkan juga tidak boleh dan tidak mensucikan.
  3. Setelah mensucikan diri lalu berangkat melangkah keluar rumah dengan kaki kiri dulu dilangkahkan dan membaca niat. Dalam perjalanannya ke masjid tidak boleh berbicarakan orang  (ngrasani wong). Fokus pada tujuan. Beliau juga menganjurkan datang sebelum pukul 11.30. Dijelaskan yang datangnya awal akan mendapat pahala tambahan selain pahala sholat jum'at berupa Sapi jantan, lalu yang berikutnya dapat kambing, yang datang setelahnya mendapat ayam dan yang datang mendekati di mulai bedug akan mendapat telur. Dan yang datang setelah bedug tidak mendapat apa-apa malah buku catatan malaikat yang mencatat kehadiran jama'ah jum'at di tutup.
  4. Setelah sampai ke masjid baca niat 'Nawaitu i'tikafa lillahi ta'alaa' masuk dan sholat tahiyatul masjid. setelahnya duduk dan diam.
  5. Lalu sholat Qobliyah Jum'at. Bersalaman duduk diam tuma'ninah mendengarkan khotbah.
By Hadi S. 08.08.12

No comments:

Post a Comment