Friday 10 August 2012

Kuliah Subuh Jum'at Pagi 10 Agustus 2012 Di Masjid Baitul Ikhsan Karanggintung Sirau

Jum'at Pagi 10 Agustus 2012 kuliah subuh giliran di Masjid Baitul Ikhsan Karanggintung Sirau. Adapun petugasnya sebagai berikut :
  1. MC                                        : Khafidin
  2. Pembaca Ayat Suci Al Qur'an : Suniyah
  3. Pembaca solawat nabi             : SUniyah
  4. Pembicara                               : Ust. Wanto Azis S
Tema yang dibawa adalah Thoharoh ( bersuci )
Telah kita ketahui bahwa Thoharoh atau bersuci itu penting, sebab awal ibadah sholat dimulai dengan wudhu  atau bersuci kalau ini tidak benar maka ibadah sesudahnya tidak sah. Nah karena kedudukan thoharoh atau bersuci sangat penting maka kita harus tahu rahasia dari hal-hal bersuci baik mandi maupun wudhu itu. 
  1. Bersuci atau wudlu dengan air yang suci, rasakan dahulu saat berkumur kalau berbau berarti air sudah berubah, maka wudhunya belum sempurna.
  2. Jangan menggunakan gayung/siwur saat berwudu. Karena air yang dipakai mensucikan terputus-putus.
  3. Wudhu diawali dengan niat di hati yang ucapkan dengan lisan.
  4. Berikutnya ikuti langkah-langkah, rukun-rukun seterusnya.
Selanjutnya hal rahasia yang perlu dimengerti adalah jangan memakai air yang sudah dipakai. Hal ini disebut air musta'mal. Peristiwa ini sering terjadi dan bahkan banyak terjadi pada saat membasuh muka dengan kedua tangan yang kedua dan ke tiga. Sebab air yang di kumpulkan di tangan tertimpa tetesan air dari muka, sehingga wudunya tidak sah. Maka perlu diusahakan agar tetsan air dari muka tidak jatuh ditangan lagi dengan cara MEMALINGKAN MUKA saat tangan menadahi air kran/pancuran, atau membuat pancuran yang tinggi sehingga air langsung mengenai muka saat membasuh muka.


 Jama'ah kulih subuh bapak-bapak.




Pembaca Al Qur'an : Suniyah

















By Hadi S 10.08.12

No comments:

Post a Comment